6/12/2012

Merencanakan Outbound Training

Training-outbound, outbound-training, team-building-bogor, bogor-outbound

Merencanakan sebuah kegiatan Outbound Training untuk karyawan perusahaan perlu persiapan yang benar - benar matang, mulai dari tanggal kegiatan kapan acara akan diselenggarakan, kegiatan apa sajakah yang akan disajikan, kemudian dimana tempat yang dipilih untuk kegiatan berlangsung, siapa sajakah yang akan menjadi pengisi Training dan tidak kalah penting bagaimana rangkaian acara tersebut akan berlangsung nanti. Kegiatan seperti ini pasti sangat diharapkan akan adanya output atau hasil yang didapatkan oleh perusahaan, jadi kita tidak bisa asal pilih tempat, susunan acara, pemateri dan lain sebagainya.

Perlu menyisihkan fikiran dan waktu yang lebih bila anda yang dipercaya sebagai ketua tim panitia penyelenggara, selain itu yakin kah anda sebagai 'kreator' kegiatan dapat memastikan? atau setidaknya meyakinkan perusahaan bahwa skenario Training Outbound atau Team Building yang anda buat akan berhasil dan memuaskan? Bila anda memang bergelut dibidang ini maka mudah - mudah saja, karena anda sudah mengetahui gambaran kegiatannya dan berpengalaman dalam kegiatan Outbound.
Tapi bagaimana bila anda belum berpengalaman sebelumnya?

Cobalah anda berkonsultasi kepada orang yang telah ahli dibidangnya, kumpulkan sebanyak mungkin data dan skenario program outbound yang anda rasa menarik untuk diterapkan nantinya. Matangkan persiapan anda, pastikan seluruh resource atau kebutuhan telah terdaftar dan tersedia untuk kegiatan nanti. Bila sudah yakin dengan perencanaan Outbound anda, cobalah melakukan sedikit riset kecil - kecilan seperti bertanya dan menjelaskan kepada calon peserta training seperti apa kegiatan yang anda tawarkan. Bila rata - rata tanggapannya positif maka segera ajukan langsung ke perusahaan anda, apabila tanggapan dari calon training adalah negatif, maka perbaiki konsep kegiatan Training Outbound anda. Dimana sajakah bagian yang dirasa kurang oleh calon peserta, ganti dan perbaiki dengan konsep yang lebih baik.

Jika anda merasa kerepotan menangani masalah ini jangan menyerah, saat ini banyak provider outbound Bogor dan Outbound Puncak yang menyediakan layanan jasa aneka ragam kegiatan Outbound Training, Team Building, Family Gathering dan Outbound lainnya. Mereka lebih faham tentang apa yang perusahaan anda butuhkan dan mereka juga lebih berpengalaman karena memang ini adalah bidang pekerjaan mereka sehari - hari.

Silahkan bekerjasama dengan salah satu provider outbound yang anda rasa cocok dan memenuhi kriteria kebutuhan kegiatan yang perusahaan anda inginkan. Jangan sungkan untuk berkonsultasi dan melakukan beberapa kali kunjungan ke lokasi atau survei dimana tempat acara tersebut akan diselenggarakan, hal ini akan membantu anda dalam pengenalan tim dan juga kelancaran kegiatan.

Related Posts

0 Comments: