6/07/2016

Apakah Outbound itu Flying Fox?

Outbound  Flying Fox

pengertian-outbound, pengertian-flyingfox, pengertian-highrope
Kesalahan umum pada masyarakat biasanya berasal dari efek halo atau bias persepsi yang di sebarkan oleh berbagai media, baik sengaja atau tidak disengaja terutama televisi. Begitu juga pada pembahasan kali ini, masyarakat sering terkecoh mengenai apa itu outbound dan apa itu flying fox. Sebenarnya outbound merupakan pembahasan yang sangat kompleks untuk itu kami sederhanakan saja yang akan menjadi bahan perbandingan untuk membedakan adalah kegiatan dengan kategori Training, ini kami pilih karena paling mendekati dengan pengertian outbound dan juga banyak yang klien kami maksud dengan 'Outbound' adalah permainan seperti kekompakan, kebersamaan, motivasi, team building dan sejenisnya. Baik langsung saja mari kita bahas mengenai Flying fox terlebih dahulu.

Flying fox adalah kegiatan meluncur dari titik ketinggian tertentu menuju daratan rendah, biasanya menggunakan pancang berupa sebuah pohon atau tiang yang tinggi dengan menggunakan sling atau tali baja sebagai media jalur seluncurnya. Permainan ini digolongkan pada kategori game High Ropes karena dalam kegiatannya selalu berhubungan dengan tali (ropes) dan juga dengan ketinggian (high) seperti Elvis Walking, Two Line Bridge atau Spider Web. Flying fox merupakan game atau permainan yang diadaptasi dari pelatihan militer, kemudian dijadikan sebagai permainan tantangan individu karena permainan ini dapat melatih keberanian, ketangkasan dan ketegasan dalam mengambil keputusan.

Sedangkan Outbound adalah suatu bentuk dari pembelajaran atau pelatihan dari segala ilmu terapan yang disimulasikan dalam permainan itu sendiri. Outbound merupakan bahasa general untuk seluruh kegiatan pelatihan seperti Outbound Training, Camping, Paintball, Rafting, Gathering maupun High Ropes. Sedangkan tujuan outbound pada umumnya sebagai media untuk membangun sebuah tim, melatih jiwa kepemimpinan, melatih kepercayaan diri, komunikasi yang baik dan tujuan tujuan pelatihan lainnya.

Jadi sudah jelas bahwa Outbound bukanlah Flying Fox atau rafting atau yang lainnya, tetapi kegiatan Flying fox, Rafting, Paintball ataupun training merupakan bagian dari Outbound itu sendiri. Tergantung kepada hal apa yang akan dilatih atau dipelajari dan bagaimana permainan itu sendiri dilaksanakan agar nilai-nilai dari permainan tersebut dapat menjadi sebuah pembelajaran yang positif.

Salam, Performa!


Related Posts

0 Comments: