3/06/2014

OUTBOUND TRAINING PROGRAM

training, outbound-trainingSebuah perusahaan yang besar biasanya memperhatikan sumber daya manusia yang dimilikinya, kemampuan mereka selalu ditingkatkan demi mendukung perkembangan dari perusahaan tersebut. Program outbound training merupakan salah satu kegiatan sebagai usaha untuk mengembangkan kemampuan seseorang dibidang pengambangan tim dan pengembangan diri (Personal Development).

Dengan menggunakan konsep yang disimulasikan melalui permainan-permainan yang ringan dan menarik namun memiliki nilai atau value point dipermainan tersebut. Simulasi permainan pada Paket Outbound Training memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh para peserta, seperti meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri, berpikir kreatif, rasa kebersamaan dan saling percaya. Secara umum, bentuk dan program pelatihan outbound dapat difokuskan pada hal-hal tertentu seperti berikut ini :

Team Work

Program training yang sangat dibutuhkan oleh sebuah tim kerja pada perusahaan. Team work merupakan program pelatihan yang menekankan pada peningkatan kemampuan kinerja tim dengan menguatkan komitmen anggota tim mengenai hal-hal yang mendasari kerja tim. Seperti saling berempati, saling menghargai dan komunikasi yang terbuka, sehingga akan terbangun suatu ikatan kebersaman yang mampu membangkitkan semangat kinerja tim.

Leadership

Program pelatihan yang menekankan peserta untuk mengembangkan dan menggali karakter-karakter sebagai seorang pemimpin. Program kegiatan ini dapat dilakukan dengan konsep perkemahan/camping, mereka akan mengalami karakter-karakter seorang pemimpin secara nyata dengan simulasi permainan yang berkaitan dengan kepemimpinan, memadukan kemampuan individual dan tim sehingga bisa memanfaatkannya untuk kontribusi mencapai tujuan tim. Baca juga: Leadership Outbound Camp

Communication Skill

Beberapa tipe pekerjaan memang ada yang fokus membutuhkan alur komunikasi yang baik seperti penyiar radio, penerjemah bahasa, penyampai berita, namun pada umumnya semua jenis pekerjaan sangat membutuhkan komunikasi yang baik. Program ini dapat membuat peserta mengembangkan kemampuan dan memahami komunikasi secara efektif agar dapat tercipta suasana kerja yang harmonis, sehat dan terbuka. Dengan komunikasi yang baik akan mempermudah mencapai tujuan, baik individu maupun tim dapat tercapai.

Problem Solving

Program yang ditujukan untuk para supervisor dan manajer ke atas, sebab pada level tersebut kemampuan seseorang untuk merumuskan masalah secara spesifik dan sistematis sangatlah dibutuhkan. Program outbound training dapat melatih seseorang agar bisa memilih informasi yang benar dan relevan, serta dapat mengembangkan alternatif pilihan dan membuat sebuah keputusan dengan tepat dan rasional.

Related Posts

0 Comments: