7/11/2012

Pengertian Teamwork

Definisi dan Pengertian Teamwork

teamwork, teambuilding, training-outbound, outbound-ciawiSetiap bentuk organisasi baik seperti pemerintahan, perusahaan, maupun yayasan dan pendidikan haruslah menjadi wadah atau tempat untuk sarana mengembangkan sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Berkaitan dengan konsep team building yang telah kita bahas sebelumnya, pada dasarnya teamwork merupakan salah satu hasil dari proses sebuah pelatihan team building. Para ahli berbeda pendapat mengenai definisi teamwork itu sendiri, berikut ini beberapa definisi mengenai apa itu teamwork.

Tracy berpendapat “Teamwork merupakan kegiatan yang dikelola dan dilakukan sekelompok orang yang tergabung dalam satu organisasi.”

Menurut David Ingram “ Secara umum teamwork didefinisikan sebagai kerja sama tim yang efektif berorientasi pada tujuan. Keberhasilan kerja sama tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain, keterampilan komunikasi yang baik, sikap saling menghormati, kompetensi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tim dan adanya kepemimpinan dalam pengambilan keputusan. Teamwork yang yang efektif akan dapat terwujud jika anggota masing-masing tahu apa yang harus dilakukan dan mempertanggung jawabkan hal yang dilakukan sesuai dengan kompetensi serta berkontribusi untuk meningkatkan produktivitas kelompok.”

Dewi (2007) menyebutkan “ kerja tim (teamwork) adalah bentuk kerja dalam kelompok yang harus diorganisasi dan dikelola dengan baik. Tim beranggotakan orang-orang yang memiliki keahlian yang berbeda-beda dan dikoordinasikan untuk bekerja sama dengan pimpinan.” .

Dari beberapa pengertian mengenai teamwork diatas, dapat disimpulkan bahwa teamwork merupakan sekumpulan orang dimana satu sama lain saling berkolaborasi untuk mencapai tujuan organisasi. Masih banyak masyarakat yang kebingungan membedakan teamwork dan team building, mudahnya Teamwork didefinisikan sebagai kumpulan individu dari berbagai bidang kompetensi yang bekerja sama untuk suatu tujuan tertentu. Sedangkan Team Building adalah “Team Building' is the process of enabling that group of people to reach their goal” (Team Technology, 1995-2006). Oleh karena itu, untuk membangun kerja tim yang efektif itu lebih dibutuhkan konsultasi manajemen ketimbang pelatihan murni meskipun tidak bisa terelakan masih ada peranan dalam pelatihan untuk program team building).

Teamwork bagi organisasi sangat berperan dalam meningkatkan kerjasama dan komunikasi yang baik di dalam maupun diantara bagian-bagian pada organisasi. Biasanya teamwork berisi atau dilengkapi oleh orang-orang yang memiliki perbedaan keahlian dan keterampilan yang mumpuni sehingga bisa dipadukan menjadi satu kekuatan dalam mencapai sebuah tujuan organisasi. Didalam sebuah teamwork yang baik pasti akan terjadi saling ketergantungan yang kuat antara satu dengan yang lainnya dalam mencapai sebuah tujuan atau menyelesaikan sebuah target tertentu. Dengan melakukan teamwork diharapkan hasilnya akan lebih baik jika dibandingkan dengan dikerjakan dengan sendiri-sendiri.

Related Posts

0 Comments: