7/12/2012

Manfaat Pelatihan Teamwork Bagi Seseorang

Peran pelatihan teamwork dalam sebuah tim memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja seseorang dalam sebuah tim dan juga berpengaruh terhadap kinerja organisasi atau perusahaan itu sendiri. Pada pembahasan kali ini kami akan mencoba mengupas beberapa pengaruh atau manfaat yang diberikan dari sebuah teamwork yang baik. Manfaat Teamwork terhadap Kinerja Seseorang :

1. Tanggungjawab

Pelatihan teamwork bisa meningkatkan rasa tanggungjawab seseorang karena di dalam sebuah teamwork setiap individu tidak bisa bekerja sendirian, mereka harus melakukannya secara bersama-sama sehingga, secara autopilot dalam setiap diri seseorang akan muncul rasa tanggungjawab untuk melakukan hal yang terbaik. Karena tanggungjawab yang diemban seseorang akan berpengaruh terhadap kinerja individu yang lain, jadi setiap orang dalam sebuah kinerja teamwork memang dituntut untuk memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi. Jika setiap individu tidak memiliki rasa tanggungjawab maka tujuan atau goal yang diharapkan akan sangat sulit tercapai.

2. Pekerjaan lebih bervariasi

Peranan cara kerja teamwork dapat membuat kinerja seseorang lebih bervariasi karena di dalam teamwork pastinya akan ada pembagian tugas pekerjaan yang berbeda-beda karena setiap individu memiliki kemampuan dan keahlian yang berbeda pula. Secara otomatis seseorang yang berada dalam tim tersebut mau tidak mau akan mengikuti apa yang dibutuhkan dalam setiap pekerjaan yang akan mereka selesaikan. Setiap orang dalam tim tersebut harusnya akan saling bahu-membahu dalam menyelesaikan pekerjaan yang ada.

3. Membuat keputusan yang tepat

Peranan teamwork juga dapat membuat seseorang memiliki kebebasan dalam membuat keputusan yang tepat. Maksudnya, setiap individu yang bekerja secara tim dalam kinerja teamwork akan saling berkomunikasi satu sama lain, dengan interksi dan diskusi pasti akan memunculkan banyak persepsi yang berbeda dari beberapa individu yang memiliki pemikiran masing-masing dalam menyikapi sesuatu hal. Jadi dengan kondisi teamwork yang seperti itu, setiap orang dengan pendapatnya masing-masing akan lebih bebas dan lebih kritis dalam suatu keputusan yang tepat.

4. Memberikan keahlian baru

Manfaat pelatihan teamwork juga dapat membuat individu memiliki kesempatan untuk mempelajari keahlian baru yang belum pernah dimilikinya. Di dalam sebuah organisasi atau perusahaan pasti terdiri dari banyak karekteristik orang yang berbeda dan memiliki keahlian yang berbeda juga. Dalam sebuah teamwork yang baik setiap personal akan dituntut untuk saling melengkapi dan saling menolong dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan atau tugas yang diberikan, agar hasil yang dicapai dapat diperoleh secara maksimal. Adanya perbedaan keahlian dari masing-masing orang yang ada dalam organisasi atau perusahaan, secara otomatis akan memberikan kesempatan setiap orang untuk saling mempelajari keahlian baru yang dimiliki oleh individu yang lainnya, jadi setiap individu mendapatkan manfaat dari teamwork yang telah dilakukan.

Beberapa manfaat yang didapat dari pelatihan teamwork diatas mungkin hanya menggambarkan secara singkat beberapa hal yang akan di dapat, namun seiring pelatihan yang terus menerus dan pengembangan teamwork akan memberikan dampak positif yang tentunya lebih baik dan lebih luas lagi pengaruhnya. Performa Outbound siap membantu anda dalam melaksanakan pelatihan outbound seperti Team Building, Teamwork dan Leadership, baik di Jakarta, Sentul, Bogor maupun Puncak.

Related Posts

0 Comments: