6/17/2012

Serunya Belajar Team Building di Bogor

Team Building di Bogor/Puncak

Sudah tidak asing lagi bagi kita kegiatan yang disebut sebagai team building, kegiatan ini sudah lama diterapkan oleh banyak pihak seperti yayasan sosial, perusahaan, instansi pemerintah dan terutama instansi pendidikan. Banyak manfaat yang kita didapat dari kegiatan tersebut sehingga tak jarang kami dapati team building pasti menjadi salah satu agenda wajib bagi perusahaan - perusahaan dan instansi pendidikan di Indonesia.

Team building adalah berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memotivasi anggota tim untuk meningkatkan kinerja seluruh anggota tim. Anggota tim merupakan salah satu modal dasar penggerak suatu organisasi agar dapat berjalan secara maksimal dalam mencapai tujuan. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa keberhasilan pencapaian tujuan suatu organisasi sangat ditentukan oleh kualitas dari tim tersebut.
Apa saja kah karakteristik ideal yang harus diterapkan bagi sebuah tim yang solid? Berikut yang kami terapkan pada saat belajar pembentukan Team Building di Bogor/Puncak :

1. Setting Clear Objectives

Menetapkan bersama objektivitas yang ingin dicapai dengan jelas, sehingga semua anggota tim dapat memahami tugas dan fungsinya masing - masing. Objektivitas atau pencapaian hasil yang tidak jelas akan membuat tim kebingungan kemana arah tim tersebut harus berjalan, bagaimana caranya dan apa yang harus diraih, semuanya tidak jelas karena sebab penentuan tujuan dari pembentukan sebuah tim yang tidak ada.

2. Commitment

Sudah terbentuknya objektivitas yang jelas dalam pembentukan team building maka yang harus dilakukan adalah komitmen atau sepakat dengan apa yang sudah ditetapkan. Dalam setiap Pelatihan Team Building yang Performa Outbound jalankan, hal yang selalu kami ulang dan tekankan dari awal adalah komitmen. Jadi seluruh anggota tim haruslah menjaga komitmennya terhadap apa saja yang telah ditetapkan sebelumnya, tanpa adanya komitmen artinya tidak ada perubahan.

3.Communication

Melatih tim dengan komunikasi yang baik dan terbuka akan sangat membantu tim dalam melakukan berbagai hal terutama ketika tim sedang dihadapi suatu permasalahan baik yang datangnya dari luar maupun dari tim itu sendiri.

4. Leadership

Merupakan hal pokok dalam sebuah tim adalah dengan hadirnya sebuah kepemimpinan, pemimpin tidak bisa diartikan hanya dengan satu orang sebagai pemberi arahan atau komando tetapi kepemimpinan lebih luas merupakan suatu komando yang disepakati bersama dan tentunya dijalankan secara bersama-sama juga.

Pada umumnya pembentukan tim yang solid membutuhkan proses dan waktu yang tidak singkat, oleh karena itu sebagai usaha untuk mencapai kondisi yang lebih baik lagi, kegiatan seperti pelatihan team building ini harusnya dilakukan secara bertahap dan terus menerus.
Salam, Performa!

Related Posts

0 Comments: