Menyusun Acara GATHERING dan OUTBOUND

Menyusun Acara Gathering dan Outbound

Acara-outbound, acara-gathering, game-outboundDidalam sebuah perencanaan kegiatan outbound dan gathering sangatlah mutlak untuk mencermati susunan acara outbound tersebut. Keberhasilan sebuah event gathering dan outbound training di antaranya bergantung dari seberapa besar kualitas acara outbound tersebut dikemas.

Dibawah ini kami mencoba membagikan beberapa tips atau panduan singkat untuk menyusun acara gathering dan outbound training agar lebih sistematis guna meningkatkan keberhasilan dan kualitas acara gathering maupun employee day.

Pertama, sebelum kita lebih jauh membahas kedepan, anda harus mencermati hal-hal berikut sebagai bahan pertimbangan didalam penyusunan acara aktivitas outbound nantinya, yaitu :

1. Berapakah jumlah peserta outbound
2. Umur peserta outbound
3. Gender peserta outbound
4. Ketahui tingkat wawasan peserta outbound
5. Tentukan maksud serta tujuan kegiatan outbound
6. Pilih lokasi outbound
7. Materi yang disampaikan untuk peserta outbound

Sesudah anda mengetahui hal-hal tersebut diatas barulah kita rancang acara outbound sebaik mungkin. Sesuaikan dengan kondisi serta situasi dari peserta outbound, contoh :

Sebuah kegiatan outbound direncanakan untuk tiga bagian manajemen dari sebuah perusahaan yang terdiri dari tingkatan middle up, seperti supervisor, kadiv dan manajer ke atas.

Maksud dari kegiatan outbound yang diinginkan adalah team building, team work serta leadership.

Maka games-games outbound tersebut harus kita sesuaikan dengan informasi diatas agar seluruh maksud dan pesan-pesan yang diinginkan dapat tercapai secara optimal. Team outbound seharusnya dapat menentukan games outbound dengan tepat, agar tujuan serta tujuan dari kegiatan outbound training tersebut bisa terwujud.

Kedua, secara global didalam sebuah kegiatan event outbound,  aktivitas susunan acara biasanya dibagi menjadi 4 sesi kegiatan :

1. Acara Pembuka
Pada umumnya kita menyebutnya dengan ice breaking. Namun sebelumnya biasanya adalah sabutan dari manajemen perusahaan untuk seluruh peserta outbound dan kemudian dilanjutkan dengan games ice breaking dari trainer. Games-games outbound yang dimainkan di sini adalah permainan yang sifatnya sederhana namun menyenangkan yang tujuannya adalah untuk mencairkan kondisi dan situasi peserta sebelum siap untuk melangkah ke acara selanjutnya.

2. Acara Utama
Disinilah yang membedakan apakah event tersebut sebuah kegiatan training outbound, team building, gathering atau lainnya. Peserta outbound akan disajikan dengan permainan outbound atau aktivitas yang bernilai untuk membentuk team work, team building dan lainnya sesuai dengan tujuan kegiatan. Maka team outbound training haruslah bijak dalam menentukan games atau aktivitas yang akan dimainkan nantinya, pastinya harus sesuai dengan keperluan kegiatan tersebut diadakan.

3. Challenge/Tantangan
Ada sangat banyak sekali pilihan aktivitas untuk individual atau team challenge seperti terjun payung, trust fall, rafting, flying fox, candle guard, trekking, paintball dan lain sebagainya. Kita dapat menerapkannya dalam acara outbound nantinya dengan menyesuaikan kembali dengan hal-hal yang sebelumnya telah diketahui dalam bahan pertimbangan penyusunan acara outbound.

4. De Brief
Kegiatan ini pada umumnya dikombinasikan dengan acara penutupan. Dengan menggali nilai-nilai dan makna dari games-games yang telah dimainkan, menyimpulkannya secara bersama dan menerapkanya dalam aktivitas keseharian.

Related Posts

0 komentar: