Manfaat Teamwork Bagi Organisasi/Perusahaan

Manfaat Teamwork

Teambuilding, teamwork, outbound, kekompakan, kerjasama, leadership, kepemimpinan
Pada pembahasan sebelumnya kami telah membahas mengenai manfaat pelatihan teamwork dalam proses membangun team building bagi seseorang, selain pengaruh pelatihan teamwork terhadap individu ada juga pengaruh pelatihan teamwork terhadap kinerja organisasi/perusahaan, antara lain:

1. Meningkatkan produktifitas

Manfaat pelatihan teamwork dapat meningkatkan produktivitas perusahaan atau organisasi, hal tersebut dapat terjadi karena dengan bekerja sama secara tim setiap orang akan terpacu untuk saling memberikan kinerja terbaiknya bagi tim dan rekan-rekannya. Dengan semangat tersebut, akan membentuk sebuah organisasi atau perusahaan yang lebih produktif dari sebelumnya. Organisasi akan produktif menciptakan hal-hal yang kreatif dan inovatif sedangkan perusahaan akan lebih produktif dalam menghasilakan produk dan jasanya karena adanya teamwork yang dihuni oleh anggota tim yang memiliki keahlian dan kemampuan yang saling melengkapi.

2. Meningkatkan komitmen

Peran pelatihan teamwork berpengaruh terhadap organisasi atau perusahaan dalam meningkatkan komitmen terhadap keputusan yang telah diambil. Dengan adanya teamwork akan menuntut seluruh orang yang didalamnya untuk saling bekerjasama dan saling membantu satu sama lain dalam menyelesaikan tugas dan goal. Dengan sendirinya, kerjasama yang akan terjalin dengan baik kemudian akan meningkatkan rasa kebersamaan (togetherness) yang pada akhinya akan menumbuhkan sebuah komitmen yang erat terhadap suatu tujual atau goal satu sama lain. Dengan adanya budaya saling mendukung dan membantu satu sama lain diantara individu dalam tim maka tidak akan melunturkan komitmen yang sudah dibuat bersama. Sehingga dengan komitmen yang kuat, organisasi atau perusahaan dapat berjalan dengan baik karena personal di dalamnya sudah berkomitmen untuk melakukan hal yang terbaik.

3. Lebih fleksibel dalam operasional kerja

Dengan adanya pelatihan teamwork, organisasi atau perusahaan akan bekerja lebih fleksibel dalam operasional kerja karena masing-masing orang dalam tim memiliki kemampuan dan keahlian yang berbeda namun telah memiliki komitmen untuk mencapai tujuannya bersama. Artinya, organisasi atau perusahaan tersebut akan bekerja lebih fleksibel tidak terpaku kepada sesuatu hal yang sama yang mereka rasa mampu untuk diselesaikan saja. Sebuah organisasi dan perusahaan juga bisa berkembang sesuai dengan keadaan dan perubahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya.

Dalam proses perjalanannya, teamwork itu sendiri pasti akan mempengaruhi kinerja baik individu maupun organisasi/perusahaan. Jika teamwork itu dinilai memiliki kinerja yang baik, maka individu dan organisasi/perusahaan pasti akan baik pula, sebaliknya jika teamwork itu dinilai tidak memiliki kerjasama yang baik, maka individu dan organisasi nya juga akan dinilai kurang baik pula.
Dari penjelasan yang sudah Kami dijabarkan dalam artikel ini dan artikel sebelumnya, dapat dilihat bahwa program pelatihan teamwork dapat berpengaruh terhadap kinerja individu dan organisasi karena pada intinya, didalam sebuah sistem kerja teamwork akan ditempati oleh orang-orang yang berbeda, yang memiliki karakteristik, tingkah laku, budaya dan keahlian yang berbeda juga, dari perbeaan itu lah setiap individu dalam tim bisa saling bekerjasama dan tolong-menolong untuk mencapai suatu tujuan organisasi dan perusahaan bersama-sama.

SHARE THIS

Terima Kasih telah berkunjung ke websitePerforma Outbound. Segera hubungi marketing kami, sampaikan keinginan anda dengan detail untuk mendapatkan penawaran Paket Outbound terbaik.

Facebook Comment

0 komentar: