7 Tips Gathering dan Outbound


gathering-dan-outbound, family-gathering, kegiatan-outboundFamily Gathering adalah sebuah kegiatan yang dapat dilakukan bersama dengan seluruh anggota, baik anggota keluarga, organisasi, perusahaan  atau pun pemerintahan. Didalam sebuah perencanaan kegiatan outbound dan gathering sangatlah penting untuk kembali memperhatikan susunan acara outbound tersebut apakah sudah tepat atau belum.

Sebab keberhasilan sebuah kegiatan gathering dan training outbound sangat bergantung dari seberapa bagus acara tersebut dikemas dan seberapa jauhkah tepatnya sasaran yang dibidik untuk acara tersebut.

Dibawah ini kami mencoba membagikan beberapa ringkasan tips atau panduan singkat untuk menyusun sebuah acara gathering dan outbound training agar acara tersebut dapat berjalan lebih efektif dan sistematis. Sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar guna untuk meningkatkan keberhasilan dan kualitas hasil dari acara gathering dan outbound anda.

Berikut tips yang harus dicermati didalam penyusunan kegiatan gathering dan outbound nantinya, yaitu :

1. Ketahui jumlah peserta

Mengetahu secara pasti jumlah peserta yang akan ikut berartisipasi memang sulit, karena bisa saja ada hal-hal yang tidak diprediksi terjadi sehingga jumlah peserta yang tetapkan sebelumya menjadi berkurang atau bertambah dari yang semestinya. Namun mengetahui perkiraan seberapa banyak jumlah peserta yang akan berpartisipasi dalam kegiatan family gathering dan outbound merupakan suatu keharusan, masalahnya ini akan berdampak pada kuota kendaraan yang disediakan, kapasitas lokasi, konsumsi, anggaran/budget dan sumber daya lainnya.

2. Umur peserta

Peserta yang masih muda umumnya lebih energik dan bersemangat, namun bagi peserta yang sudah berumur umumnya lebih senang untuk bersantai dan menikmati suasana. Hal seperti ini tidak bisa kita acuhkan begitu saja, salah perhitungan dalam faktor yang ini akan membuat kegiatan family gathering dan outbound tidak berjalan sesuai dengan harapan. Mengetahui perbedaan umur akan menentukan aktivitas apa saja yang paling memungkinkan dijalankan pada kegiatan tersebut.

3. Gender peserta outbound

Sama dengan sebelumnya, perbedaan gender juga menentukan sebagian besar kegiatan acara akan berjalan seperti apa, dimana dan bagaimana. Misal karena pria dan wanita memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, jadi tidak mungkin untuk memaksa wanita untuk ikut kedalam kegiatan permainan/games outbound yang membutuhkan kekuatan otot yang kuat. Namun wanita lebih tertarik pada permainan/games yang cenderung membutuhkan konsentrasi, kejelian dan ketelitian.

4. Tingkat pendidikan

Mengetahui tingkat pendidikan dan juga level seorang peserta cukup lah penting, bagaimana mungkin kegiatan family gathering dan outbound akan menarik dan sukses bila panita tidak merancang kegiatan ini sesuai dengan tingkatanya.

Contohnya peserta dengan tingkat pendidikan dan level jabatan menengah ke bawah lebih senang dengan aktivitas permainan/games outbound yang penuh dengan gerakan (motorik) dan besifat fun atau kesenangan semata.

Sedangkan peserta dengan tingkat pendidikan dan level jabatan menengah ke bawah lebih cocok dengan permainan/games outbound yang mengarah pada nilai nilai estetika (sensorik) seperti, kepercayaan, kedisiplinan, kekompakan dan leadership. Tapi ini bukanlah aturan baku dalam membuat sebuah kegiatan outbound training dan family gathering, karena semua itu tergantung pada hal selanjutnya di bawah ini.

5. Tentukan maksud dan tujuan

Menentukan maksud serta tujuan kegiatan family gathering dan outbound akan menentukan kegiatan tersebut akan direncakanan berjalan seperti apa? apakah serius, fun atau biasa-biasa saja. Kegiatan outbound training yang serius tidak akan berhasil bila makud dan tujuan peserta berbeda karena hanya ingin mencari udara segar saja atau refresing, begitu juga sebaliknya.

6. Materi yang disampaikan

Dengan menyesuaikan pada maksud dan tujuan acara tersebut diadakan maka anda sekarang dapat memastikan materi, kegiatan atau hal-hal apa saja yang paling cocok untuk disampaikan dalam kegiatan yang diharapkan nantinya. Bila tujuan Family Gathering tentunya yang dirasa paling tepat adalah kegiatan-kegiatan hiburan semata dan keakraban antar keluarga besar saja. Namum bila tujuannya adalah untuk mentraining peserta, maka kegiatan seperti Outbound Training Motivasi dirasa akan cukup untuk disampaikan terhadap peserta.

7. Memilih lokasi outbound

Hal yang tidak kalah penting adalah lokasi, setelah mengetahui bahan pertimbangan diatas sebelumnya, makan anda dirasa akan mengetahui dimanakan kegiatan yang dimaksud akan diselenggarakan. Pastinya anda kan mencari lokasi yang tepat, sesuai dengan jumlah peserta dan fasilitas yang mendukung dengan kegiatan-kegiatan yang akan anda jalankan selama disana. 

Demikian lah pembahasan singkat mengenai hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebagai bahan pertimbangan oleh anda didalam menyusun kegiatan gathering dan outbound.

Sekali lagi hal di atas bukanlah suatu aturan baku yang harus diikuti, anda dapat menyesuaikan dengan kodisi dan situasi masing-masing. Namun setidaknya anda dapat dengan mudah menentukan berapa banyak, siapa saja, apa saja, dimana dan bagaimana acara Gathering dan Outbound perusahaan anda akan diselenggarakan.

Bagi anda yang mencari paket outbound gathering, silahkan menghubungi kami.

Related Posts

0 komentar: