Pengertian, Sejarah dan Games Outbound yang Populer


Pengertian Outbound

Outbound, Permainan-outbound, Tim-building, leadership, aktivitas-outboundOutbound merupakan suatu bentuk dari pembelajaran segala ilmu terapan yang disimulasikan dan dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk games games menarik yang menggabungkan antara kecerdasan fisik, mental dan fikiran. Pendapat yang lain menyimpulkan bahwa outbound adalah metode pengembangan potensi diri melalui rangkaian kegiatan simulasi/ permainan/ dinamika, yang memberi pembelajaran melalui pengalaman langsung terhadap peserta outbound.

Sejarah Outbound

Outbound merupakan kepanjangan dari kata Out of Boundarries, yang secara arti harfiahnya adalah "keluar dari batasan". Outbound merupakan sebuah inovasi yang ditemukan dan dikembangkan oleh cendikiawan berkebangsaan Jerman yang bernama Dr. Kurt Hant. Beliau dilahirkan di Jerman pada tanggal 5 Juni 1886 Masehi. Konsep Outbound Dr. Kurt Hahn pada intinya didasarkan atas perpaduan paket manajemen empat unsur, yaitu: tempat, isi program, simulator dan kegiatan berbasis petualangan yang kemudian disebut dengan Outbound. Ilmu dan ide terapan pendidikan inovatif mengenai outbound yang ditemukan oleh Kurt Hant dapat bertahan dan berkembang sampai saat ini. Sekarang semua kegiatan outbound dapat disesuaikan dengan kebutuhan untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah ditargetkan sebelumnya.

Berdasarkan Usia Peserta

Outbound Anak/Kids, Outbound anak adalah suatu kegiatan outbound yang dilakukan oleh anak-anak yang berumur berkisar antara umur 5 tahun keatas sampai umur 15 tahun. Biasanya outbound anak bertujuan untuk mengembangkan kepercayaan diri, keberanian dan daya kretifitas anak.

Outbound Dewasa, Outbound dewasa adalah suatu kegiatan outbound yang di lakukan oleh sesorang berumur lebih dari tujuh belas tahun keatas. Outbound dewasa memiliki beragam permainan yang memacu jantung atau andrenalin seperti paintball, arum jeram, high rope, team building dan lain lain.

Jenis Games Outbound

Outbound Soft Skill, Outbound soft skill adalah kegiatan outbound yang dilakukan untuk tujuan pengembangan personal dan interpersonal, biasanya berupa kemampuan (bakat) dan keterampilan. Permainan outbound soft skill ini dirancang sedemikian rupa sehingga tidak diperlukan tenaga fisik yang berlebihan untuk melakukanya.

Outbound Hard Skill, Outbound hard skill adalah kegiatan outbound yang dilakukan untuk ketrampilan teknis atau penguasaan bidang seseorang sehingga mudah dilakukan dan diterapkan. Biasanya outbound ini difokuskan untuk keterampilan tertentu sehingga diperlukan kecepatan dan ketepatan, seperti outbound Rescue, K3 dan ketinggian.

Permainan Outbound

Outbound Training
Arum jeram (rafting)
Paint Ball (war game)
High Rope Activity seperti Flaying Fox
Fun Outing
Family Gathering
Camping

Tujuan Outbound

Di Indonesia kegiatan Outbound telah dijadikan sebagai kegiatan yang rutin untuk dilakukan di beberapa instansi pemerintah, perusahaan swasta, sekolah, dan lembaga lainnya. Beberapa tujuan outbound yang diinginkan :

Team Building, Team building adalah bentuk dari peningkatan hubungan kerjasama tim, solid, sinergi dan kekompakan tim atau kelompok.
Team Work, Team work adalah suatu bentuk kerjasama tim untuk mencapai tujuan bersama.
Komunikasi, Komunikasi adalah suatu proses dan tata cara menyampaikan informasi yang tepat kepada seseorang maupun kelompok.
Leadership,Leadership adalah kekuatan proses dalam mempengaruhi seseorang atau kelompok untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Konsentrasi,Kosentrasi adalah proses peningkatan daya fokus dan daya ingat fikiran seseorang terhadap sesuatu.
Kreatifvitas,Kretivitas adalah suatu proses peningkatan suatu daya cipta atau ide baru untuk dikembangkan.
Strategi Planning,Strategi planning adalah suatu perencanaan dari segi manajemen untuk mencapai sasaran atau tujuan tertentu.
Analisis,Analisis adalah kemampuan untuk menelaah dan menyelidiki sesuatu sehingga mudah dipahami dan dipecahakan.
Conviden,Covidence adalah peningkatan percaya diri terhadap kemampuan yang dimilikinya.

Manfaat outbound

Manfaat outbound dapat melatih peserta untuk mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada, dengan membentuk sikap professionalisme yang didasarkan pada perubahan dan perkembangan sifat mendasar individu. Meliputi aspek trust (keyakinan), belief (kepercayaan), dan komitmen serta kinerja yang diharapkan akan semakin lebih baik. Lebih jauh lagi, dengan Outbound peserta diharapkan dapat menyadari bahwa apa yang dilakukan itu merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kebersamaan dengan rekan-rekannya dalam team. Keberhasilan seorang individu merupakan bagian keberhasilan dari sebuah organisasi, Sebaliknya kegagalan yang terjadi karena kesalahan individu akan mempengaruhi pula nilai keberhasilan dari sebuah organisasi.

Related Posts

0 komentar: