6/11/2016

Tips Persiapan Arung Jeram

Persiapan Arung Jeram

rafting-bogor, rafting-cisadane, arung-jeram-cisadane, review-rafting, cerita-arung-jeram

Sangat mengesankan bukan bila anda telah mencoba olahraga arung jeram atau rafting sebelumnya, pasti anda ketagihan ingin mecobanya lagi dan lagi. Bila anda pernah merasakan berarung jeram baik saat mengikuti Rafting di Cisadane, Cianten, Citarik, Kalibaru atau pada saat rafting Bogor lainnya anda akan tahu sensasi keseruan saat melakukan arung jeram.

Namun anda juga harus tahu resiko atau bahaya yang mungkin saja mengancam kepada diri anda. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita mengikuti segala standar prosedur keamanan atau SOP yang ada untuk melakukan olahraga air yang menantang ini.

Dimanapun anda melakukan arung jeram baik memilih lokasi rafting di Bogor, Sentul, Sukabumi atau juga rafting di Ciberang Banten, pasti memiliki standar prosedur keamanan yang berbeda - beda. Hal itu dikarenakan faktor perbedaan situasi lingkungan dan kondisi sungai yang akan diarungi selama perjalanan.

Tetapi setidaknya untuk prosedur keamanan pengarungan pasti akan ada beberapa hal general yang tentunya akan sama dimana saja anda melakukan kegiatan rafting ini, berikut kami ulas secara singkat beberapa hal yang perlu kita perhatikan secara seksama :

1. Fisik

Salah satu tempat di Bogor yaitu Rafting sungai Cianten memiliki rute yang cukup jauh dan meletihkan, pastikan anda dalam keadaan sehat jasmani maupun rohani saat ingin mencoba kegiatan rafting ini. Kenali diri anda seberapa jauhkah anda mampu untuk melakukan kegiatan ini, jangan memaksakan diri untuk mencobanya saat anda merasa tidak enak badan atau saat lelah.

2. Helmet

SOP-rafting-arung-jeram, rafting-yang-aman, arung-jeram-amanGunakanlah helm yang didesign khusus untuk olahraga arung jeram. Pakailah selalu helm anda selama mengarungi sungai, ini berguna sebagai pelindung bantuan untuk menghindari benturan yang tidak diinginkan atau untuk menghindari dari benda - beda lain yang mungkin saja berpotensi menciderai kepala anda. Lokasi rafting Kalibaru memiliki pinggiran sungai dengan banyak bebatuan yang tajam, helm akan sangat berguna ditempat ini.

3. Pelampung

Pastikan anda menggunakan pelampung ditubuh anda dan kunci pengikat buckle dengan baik, hal ini untuk mengantisipasi bila anda terjatuh dari perahu maka jaket pelampung akan membantu anda untuk tetap diatas permukaan air.
SOP-rafting-arung-jeram, rafting-yang-aman, arung-jeram-aman

4. Gunakan Alas Kaki

Tidak dianjurkan untuk melepas alas kaki saat melakukan arung jeram, gunakanlah sepatu khusus untuk arung jeram atau setidaknya pakailah sendal gunung anti slip, ini berguna untuk menghindari bebatuan atau benda tajam saat anda berada di sungai.

5. Dayung

Gunakan dayung yang kuat, pegang pada bagian kepala dayung dan gagang dayung. Alat ini berfungsi untuk mengayuh perahu agar bisa mengarahkan laju perahu keberbagai arah. Ketika arung jeram di Cisadane anda harus bisa melewati rintangan rintangan dengan cara bermanufer keberbagai arah.

6. Perahu

Cek kembali perahu anda, apakah mengalami kebocoran atau malah ada bagian yang robek, gunakan perahu yang kondisinya masih bagus dan kuat. Arus rafting Ciberang cukup besar dan kencang, sangat berbahaya bila kita lengah dengan kondisi perahu yang kita gunakan.

7. Berdoa

Jangan lupa untuk berdoa kepada tuhan kita Alloh, bagaimana pun kita sedang bermain di alam bebas banyak sekali kemungkinan yang akan terjadi, mintalah perlindungan kepada-Nya dari berbagai hal buruk karena hanya Dia satu satunya pelindung kita.

Ingin mencoba sensasi arung jeram di Cisadane? atau lokasi rafting Bogor lainnya, silahkan hubungi marketing kami di kontak yang tertera di website.

Related Posts

0 komentar: