4/18/2016

Sejarah Arung Jeram

Arung Jeram atau Rafting

arung-jeram-di-bogor, Sejarah-arung-jeram, sejarah-rafting, rafting-cisadane
Sudah sejak abad ke-19 olahraga arung jeram atau rafting dikenal sebagai kegiatan olahraga alam bebas yang menantang, awal mula kegiatan arung jeram ini diprakarsai oleh John Macgregor seorang pramuka asal Paman Sam yang waktu itu memimpin sebuah ekspedisi di sungai Colorado. Perahu yang digunakan pada masa itu masih terbuat dari kayu. Saat itu olahraga ini hanya diminati kalangan tertentu saja, sebab pada era dulu arung jeram dinilai sangat berbahaya karena itu haruslah dilakukan dengan orang yang mempunyai keahlian khusus dalam mengendalikan perahu untuk melewati jeram-jeram yang berbahaya.

Sejarah petualangan arung jeram di Indonesia muncul sekitar awal tahun 1970-an dengan istilah sebutan saat itu adalah OlahRaga Arus Deras (ORAD), dipelopori oleh para penggiat alam asal daerah Bandung dan Jakarta, olahraga ini kemudian menjadi salah satu olahraga petualangan yang paling diminati para penggiat alam bebas. Setelah 5 tahun berjalan, kelompok pencinta alam ini melakukan ekspedisi melintas Sungai Mahakam dan Sungai Barito, seorang pengacara profesional Frank Morgan juga turut ikut serta dalam ekspedisi.

Karena keindahan lingkungan dan tantangan pada sungai, masyarakat mulai banyak yang tertarik untuk mencobanya. Banyaknya peminat menjadikan kegiatan arung jeram atau rafting ini terus  menerus berkembang. Perkembangan bahan atau material perahu yang dahulu digunakan adalah kayu kini berkembang ke bahan plastik, aluminium, fiberglass dan karet yang kita kenal saat ini.

Arung jeram kini juga menjadi sarana rekreasi komersil yang menyenangkan, banyak provider yang memberikan jasa petualangan arung jeram salah satunya adalah kami, Performa Outbound. Beserta dengan Sistem Operasional Prosedur (SOP) yang aman dan berkualitas, Performa Outbound hadir memberikan jasa rafting yang aman dan terpercaya dengan para pemandu perahu yang profesional dan berpengalaman dibidangnya. Pengarungan rafting Bogor yang kami tawarkan antara lain rafting Cisadane bogor, sungai Cianten, sungai kalibaru sentul, sungai citarik dan citatih Sukabumi.

Cobalah sesekali untuk merasakan serunya arung jeram bersama kami, dengan kriteria Kelas III (intermediate) banyak jeram diiringi gelombang – gelombang yang tidak terduga akan menjadikan keseruan dan keasyikan dalam petualangan anda, team rescue/keselamatan pun akan selalu mengiringi pengarungan anda dengan aman.


Related Posts

0 komentar: