7/07/2012

Manfaat Team Building bagi Tim/Kelompok

Manfaat Team Building

Berbicara mengenai Team Building merupakan hal yang sangatlah kompleks, karena berhubungan dengan banyak faktor seperti sifat manusia, tingkah laku, keinginan, emosi, strategi, empaty, pola pikir dan masih banyak lagi yang lainnya. Walaupun kompleks, tapi tidak menyurutkan banyak pihak untuk mempelajari dan memahami mengenai konsep Team Building, ini karena diyakini dengan memahami konsep dan menerapkannya dalam aspek pekerjaan maupun bermasyarakat dapat mendatangkan banyak manfaat yang positif bagi semua orang disekitarnya. Dalam penerapan Team Building dapat memberikan manfaat yang sangat berperan positif, baik itu untuk peran sebagai leader maupun bagi seluruh anggota tim. Inilah manfaat yang kami rangkum untuk anda, antara lain sebagai berikut:

1. Bagi Leader

Seorang leader tim akan menjadi lebih kuat dan lebih efektif dalam kinerjanya. Leader akan mampu menyesuaikan pola cara kepimimpinannya, dengan lebih mengutamakan kepentingan dan tanggung jawab kelompok dibandingkan kepentingan pribadinya sendiri. Hal ini secara otomatis juga akan membuat seorang Leader memberikan perhatian yang lebih besar terhadap kebutuhan anggota tim dan bagian-bagian dalam tim tersebut.

Team building melatih seorang pemimpin untuk menjadi lebih baik dalam berkomunikasi secara langsung kepada anggota tim sehingga terjadi hubungan dan pengertian yang lebih baik antara Leader dan anggota tim. Leader mempunyai komitmen yang lebih tinggi terhadap sasaran kerja dan memiliki harapan yang lebih besar.

2. Bagi Anggota Tim

Sebagian besar individu memiliki pendekatan yang lebih persuasif, toleransi menjadi lebih tinggi dan memiliki kepercayaan untuk mengajukan argumentasi tanpa terikat oleh status jabatan tertentu. Komunikasi buruk yang selama ini menjadi salah satu hambatan utama dalam perkembangan kelompok akan menjadi lebih lepas dan terbuka.

Team Building melatih untuk lebih terbuka dalam mengakui beberapa kelemahan-kelemahan pribadi dan melatih untuk mengkoreksi kesalahan dan memperbaikinya secara bersama-sama. Banyak masalah antar pribadi sesama anggota tim yang selama ini mengganjal juga dapat dipecahkan dengan lebih mudah karena keterbukaan semua anggota tim.

3. Bagi Seluruh Tim

Terjadi perbaikan kinerja dalam mencapai sasaran, peningkatan kemampuan dalam mengevaluasi individu dan kelompok dengan cara yang lebih terkontrol. Tingkat komunikasi dalam dan antar kelompok juga menjadi lebih baik dan efektif, walaupun dalam kondisi lingkungan yang kurang kondusif dan melatih komitmen yang lebih kuat terhadap sasaran-sasaran baru.

Team building tidak disadari akan membuat lebih banyak waktu yang digunakan untuk bekerja secara bersama-sama dibanding bekerja secara indvidu dalam mencapai tujuan.

Sangat banyak sekali manfaat pelatihan Team Buiding bagi individu dan kelompok selain manfaat yang dijelaskan sebelumnya, Team Bulding juga membuat tim menjadi lebih terstruktur dan efektif sehingga hasil yang diperoleh juga lebih baik dan terdistribusi merata kepada seluruh anggota tim. Masih ragu untuk mencobanya? silahkan hubungi kami untuk konsultasi kegiatan anda.

Related Posts

0 Comments: